Cara Manual Instal WordPress di Hosting SPanel

Cara Manual Instal WordPress di Hosting SPanel – Seperti janji saya terdahulu saat menulis artikel cara membeli domain yang menjanjikan akan menulis cara membuat blog WordPress self-hosting, melalui halaman ini saya coba penuhi janji saya tersebut. Saya akan membahas secara lengkat tutorial cara manual instalasi blog WP (Bahasa Indonesia) di Spanel web-hosting Master Web Network (MWN).

Namun, sebelum anda bisa membuat blog WordPress sendiri secara manual, anda harus memiliki file WordPress itu sendiri. Karena saya memilih paket WP Bahasa Indonesia, maka saya download file installer dari halaman resminya di id.wordpress.org. Silakan anda juga download terlebih dahulu.

Advertisement

Membuat Database Baru di SPanel

Setelah itu, anda siapkan terlebih dahulu sebuah database (basis data) sebagai tempat penginstalan blog WordPress baru nantinya. Login ke akun hosting SPanel anda. Masuk bagian “Database” > “MySql“.

Cara Instal WordPress 1

Klik tombol “Tambah database” untuk menciptakan tabel DB baru di hosting anda.

Cara instal WP 2

Isi kolom yang muncul untuk membuat nama database. Lihat contoh di bawah ini!

Membuat Database Baru WordPress

Perlu diperhatikan, nama awalan akan terisi otomatis sesuai host akun SPanel anda, misalnya ‘k123456’.

  • Nama database: k123456_dbSaya
  • Nama user: k123456_userKu
  • Kata sandi: (sesuai keinginan anda)
  • Blok IP: (kosongkan saja)
  • Set karakter default dan kolasi default biarkan apa adanya tidak masalah 😉
  • Klik tombol “Submit” untuk membuat database tersebut.

Upload File ZIP WordPress ke Hosting

Sekarang tinggal upload file installer WordPress yang sudah diunduh sebelumnya (*.zip). Pilih menu “Domain” > “Kelola subdomain” > nama domain anda (misal: “bibitsaputra.com”) > “Kelola file“.

Upload Blog WordPress ke Hosting

Pastikan anda sudah berada di halaman folder “www“. Pilih menu “File” > “Upload file” untuk mengunggah file .zip dari WP.

Unggah WordPress .zip ke Hosting

Klik tombol “Telusuri…” untuk mencari file “WordPress…zip”, lalu klik tombol “Upload“. Tunggu hingga proses unggahan selesai. Akan muncul file tersebut di halaman hosting.

Upload ZIP WP ke Hosting manual

Untuk membukanya, pilih menu “Ekstrak” di bagian kanan nama file wordpress .zip-nya. Klik “Submit“.

Ekstrak ZIP WordPress di dalam hosting

Ekstract file wordpress .zip web host

Setelah berhasil terekstrak ditandai dengan munculnya folder “wordpress” di halaman lokasi “www”, silakan masuk ke folder “wordpress” itu.

Membuat Blog WordPress di luar folder

Pilih semua file dan folder yang ada di dalam “wordpress”, lalu pilih menu “Sunting” > “Cut” untuk memindahkan semuanya ke luar folder.

Cut atau Pindah File WordPress keluar Folder Instalasi

Pada saat ini anda berada di lokasi ‘www\wordpress\’. Kembali ke lokasi “www” terlebih dahulu, lanjutkan pilih menu “Sunting” > “Paste (xx)” untuk menempelkan semua file ke direktori utama hosting anda.

Memindahkan blog wp ke folder lain

Sudah cukup cape yaa 😀 Sekarang tinggal ke proses instalasi utamanya.

Instalasi Blog WordPress Baru

Buka tab baru browser anda, lalu ketikkan alamat: domainanda.com . Anda akan melihat halaman awal pemasangan mesin WP, klik tombol “AYO” untuk memulainya.

Instalasi WordPress Manual

Masukkan data-data database (DB) yang sudah anda buat di langkah sebelumnya. Untuk “Host Basis Data” dan “Prefiks Tabel” biarkan default. Klik tombol “Kirim” untuk memulai permintaan pemuatan data ke database hosting anda.

Pengaturan Basis Data Instalasi Blog WordPress

Mungkin muncul pesan kesalahan (error) bahwa file ‘wp-config.php‘ tidak ditemukan, tidak bisa dibuat atau tidak bisa dimodifikasi. Silakan pilih semua (select all) kode yang tampil, dan kopi (copy).

Masalah config.php saat pemasangan WordPress sendiri

Selanjutnya… buka lagi tab browser yang membuka akun hosting SPanel anda. Di lokasi “www“, cari file bernama ‘wp-config-sample.php‘ (atau buat baru juga bisa :P).

Ganti nama menjadi ‘wp-config.php‘ [tanpa tanda petik ya]. Hapus semua isinya dan paste-kan kode yang sudah di-copy sebelumnya.

Cara ganti isi wp-config.php

Kembali ke tab browser penginstalan WP, sekarang anda bisa klik tombol “Jalankan instalasi“.

instal-wp-15a

Tunggu sebentar, dan muncul formulir “Informasi yang dibutuhkan“. Silakan isi kolom yang diperlukan untuk pemasangan blog WordPress baru anda.

instal-wp-16a

Jangan lupa untuk menyentang kotak ‘Ijinkn mesin pencari untuk mengindeks situs ini‘ agar blog anda di-crawl oleh Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Atau dengan kata lain, blog anda tidak pribadi (private).

Berhasil…

Dan akhirnya, selamat! Blog baru anda berhasil dibuat. Anda sudah bisa “Masuk log” alias login ke dasbor akun blog WP baru anda itu.

Berhasil membuat blog WordPress sendiri

Anda bisa masuk log (login) ke dashboard blog WP dengan langsung mengetikkan alamat url: domainanda.com/wp-login.php

Ya, demikianlah cara manual membuat blog WP baru di hosting, khususnya bagi pengguna SPanel. Artikel ini memang saya khususkan bagi para pelanggan MWN yang memakai SPanel karena di media online masih jarang yang membahas tutorial SPanel. Semoga bermanfaat.

Komentar untuk Cara Manual Instal WordPress di Hosting SPanel

Maaf, fitur komentar ditutup. Anda bisa meninggalkan pesan melalui Halaman Kontak.