Cara Mengatasi Kulit Muka Mengelupas dan Merah-merah

BibitSaputra.com – Pergantian musim atau yang kerap disebut pancaroba di daerah Jawa memang dikenal dengan panasnya yang ekstrim dan dilanjutkan berganti dengan suhu dingin yang bikin menggigil tiba-tiba. Tidak heran banyak remaja hingga orang tua banyak yang mengalami masalah pada kulit wajahnya.

Salah satu yang cukup menjengkelkan adalah mengenai munculnya kulit kering dan mengelupas, bahkan kalau tipe kulit muka berkeringat justru muncul bintik dan bercak merah-merah.

Advertisement

Sebagai informasi, kulit wajah yang sering mengelupas bisa dikarenkan akibat kulit wajah anda yang terlalu kering, penyakit atau alergi, iritasi atau pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Jadi, sebelum berpikir untuk mengganti merk bedak atau kosmetik lain, pertimbangkan dulu penyebab kulit mengelupas lainnya 😉

Kemudian, cara mengatasi kulit mengelupas yang paling awal dan mudah adalah sebaiknya rajin-rajin memakai pelembab wajah, terutama sebelum memakai anti sinar matahari (sunblock). Kalau memang kulit terasa kering, itu berarti membutuhkan pelembab. Namun, sebaiknya pilih pelembab yang bagus, karena salah memilih pelembab bisa-bisa malah menyumbat pori-pori kulit dan membuat kulit kusam.

Bagaimana tips memilih pelembab kulit yang baik?

Pelembab yang bagus yaitu yang tidak meninggalkan rasa berminyak setelah dioleskan ke kulit, sehingga bisa melembabkan kulit dan menyamarkan pengelupasan di kulit anda itu. Untuk kulit yang sangat kering, lebih baik jika anda membasuh wajah dengan sabun pembersih hanya sekali sehari, dan baiknya dilakukan pada malam hari saja.

Gambar Kulit Wajah Sehat

Selain itu, penyebab kulit mengelupas juga karena efek AC (mungkin anda sering di ruangan ber-AC?). Sebaiknya, untuk sementara Anda menghindari paparan AC dan sinar matahari langsung. Jika pengelupasan yang terjadi disertai gatal, merah pada kulit dan rasa perih, kemungkinan pengelupasan yang anda alami disebabkan oleh alergi atau iritasi. Apabila ini yang terjadi, maka anda harus konsultasi langsung dengan dokter kecantikan atau dokter kulit di sekitar anda, tentu saja yang sudah terpercaya.

Sebaiknya jangan melakukan perawatan atau treatment pada wajah terlebih dahulu sebelum pengelupasan di wajah berhenti. Konsultasi terlebih dahulu ke dokter pilihan anda, lalu mintalah krim yang dapat menghentikan pengelupasan tersebut. Serta jangan lupa minta krim perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Bila perlu, tanyakan apa jenis kulit anda, agar nantinya anda bisa memilih produk sendiri di pasaran. Setelah sembuh, barulah dapat mulai lagi melakukan perawatan pada wajah.

Terakhir untuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan kulit nampak kering dan keriput, sebaiknya anda banyak-menmbah porsi minum air putih, serta mengonsumsi buah dan sayuran segar. Olah raga cukup juga dapat membantu mengatasi kekeringan kulit dengan menambah aliran darah, dengan demikian bisa menyuplai intisari nutrisi ke kulit muka anda. Semoga bermanfaat.

Komentar untuk Cara Mengatasi Kulit Muka Mengelupas dan Merah-merah

Maaf, fitur komentar ditutup. Anda bisa meninggalkan pesan melalui Halaman Kontak.