Visit Kebumen: Alian Butterfly Park Tempat Wisata Taman Kupu-kupu

BibitSaputra.com – Ayo ke Kebumen! Setelah berhasil mengekspos pantai-pantai tersembunyi di kota Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia kini ada satu lagi tempat wisata lokal di Kebumen yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Adalah sebuah taman kupu-kupu di Alian (sebelah utara kota Kebumen) telah berhasil dibangun yang diberi nama “Alian Butterfly Park” atau dalam bahasa Indonesia Taman Kupu-kupu Alian.

Bagi sebagian orang, atau wisatawan baik lokal maupun luar kota, nama ‘Alian’ mungkin sudah tidak asing di telinga. Benar saja, Alian terkenal dengan obyek wisata kolam pemandian air panasnya di Kebumen, yakni di desa Krakal.

Advertisement

Alian Butterfly Park

Dikutipkan dari situs BeritaKebumen.info, obyek wisata Alian Butterfly Park merupakan wisata berkonsep edukasi (pendidikan) berbasis penangkaran kupu-kupu. Taman ini dikembangkan tepatnya di desa Krakal, kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

Taman yang juga disingkat AB-Park ini direncanakan akan mensinergikan antara konservasi keanekaragaman hayati (KEHATI) kupu-kupu, edukasi dan ekonomi.

Alian Butterfly Park digagas oleh putra asli Kebumen, yakni dokter Bambang Gunawan SpOG, berdiri di atas lahan seluas 900 m², tidak jauh dari objek wisata Pemandian Air Panas (PAP) Krakal, Alian. Saya sendiri belum ada kesempatan untuk melakukan survei langsung ke TKP 😛

Taman wisata kupu itu dilengkapi dengan wahana taman kupu-kupu hidup, museum koleksi awetan kupu-kupu dari seluruh kepulauan Nusantara, dan ruang audio visual pemutaran film dokumenter. Fasilitas tersebut masih didukung dengan kandang- kandang penangkaran kupu, baik tertutup maupun terbuka yang dibangun di atas areal seluas 30.000 m².

Wahyu Karsono, pengelola Alian Butterfly Park menjelaskan di luar areal taman kupu-kupu itu dikembangkan pula areal-areal konservasi kupu-kupu, terutama untuk jenis Troides Helena, jenis yang dilindungi menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999. Pengembangan areal konservasi ini bekerja sama dengan masyarakat pemilik lahan.

Taman kupu-kupu ini diresmikan pada tanggal 11 Juni 2015, dan mulai bisa dikunjungi atau dibuka untuk umum pada 1 Juli 2015.

Katanya, dari hasil identifikasi, di Kebumen terdapat sekitar 175 jenis kupu-kupu. Beberapa diantaranya merupakan jenis kupu-kupu dengan nilai keindahan tinggi, seperti Troides Helena, Papilio Memnon, dan Losaria Coon. Di Alian Butterfly Park setidaknya yang baru bisa ditangkarkan sebanyak 14 jenis kupu-kupu. Yang jelas, setiap hari akan ada 200 kupu-kupu dari berbagai spesies, karena tempat dan areanya nyaman sehingga kupu-kupu akan datang dengan sendirinya.

Troides helena

Troides helena [Wikipedia via Google Search]

Papilio memnon

Papilio memnon [Wikipedia via Google Search]

Losaria coon

Losaria coon [Wikipedia]

Pendirian objek wisata edukasi Alian Butterfly Park diharapkan bisa menjadi wahana wisata edukasi bagi pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum di Kebumen dan Jawa Tengah. Pengunjung bisa mempelajari jenis kupu-kupu dan bagaimana proses metamorfosis kepompong menjadi kupu-kupu langsung di kandang penangkaran yang tersedia.

Nah, bagi anda yang sudah sempat berkunjung ke Alian Butterfly Park, silakan tinggalkan komentar anda mengenai tempat wisata tersebut.

Komentar untuk Visit Kebumen: Alian Butterfly Park Tempat Wisata Taman Kupu-kupu

Maaf, fitur komentar ditutup. Anda bisa meninggalkan pesan melalui Halaman Kontak.